Adab Ketika Menguap Di Dalam Islam

uapKONDISI saat ini, sebagian kaum muslim banyak yang menganggap remeh untuk mengamalkan adab-adab (tata cara) yang telah diajarkan oleh Islam. Itu terjadi karena menganggap bahwa ibadah hanyalah sebatas pada sholat, puasa, zakat, dan haji. Padahal ibadah adalah segala sesuatu yang dicintai Alloh dan telah dicontohkan oleh Nabi Saw.

Adab-adab tersebut memang terkesan sepele, tetapi jika diamalkan dengan niat beribadah dan dengan niat meneladani Nabi Saw., amal tersebut akan bernilai ibadah di sisi Alloh Ta’ala. Sebagaimana telah disabdakan Nabi Saw., “Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan hasil sesuai dengan niatnya.” (HR Bukhori dan Muslim).

Salah satu adab islami yang sudah banyak ditinggalkan kaum muslimin adalah adab ketika menguap. Masih banyak kaum muslim menguap dengan membuka mulut lebar-lebar sambil mengeluarkan suara “haaahhh” sehingga orang lain bisa melihat seluruh isi mulutnya dan mencium bau tak sedap yang keluar dari mulutnya. Tidak hanya di keseharian, di dalam sholat pun masih ada kaum muslim yang melakukan dan menganggap perbuatan tersebut adalah hal biasa.

Ketahuilah, sesungguhnya Nabi Saw. tidak pernah menguap, apalagi di dalam sholat karena menguap itu datangnya dari setan dan merupakan perbuatan yang dibenci Alloh Swt. “Sesungguhnya Alloh menyukai bersin dan benci terhadap menguap” (HR Bukhori).

Oleh karena itu, Nabi Saw. telah mencontohkan bagaimana adab ketika menguap yaitu menahan sekuat tenaga untuk tidak menguap (dengan cara merapatkan mulut serta menutupnya menggunakan tangan kiri) dan tidak mengeluarkan suara ketika menguap. “Adapun menguap, maka ia berasal dari setan. Hendaklah setiap muslim berusaha untuk menahannya sebisa mungkin, dan apabila mengeluarkan suara ‘ha’, maka saat itu setan menertawakannya.” (HR Bukhori).

Di dalam hadits lain diterangkan, “Menguap adalah dari setan, maka jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaklah ia menahannya sedapat mungkin.” (HR Muslim).

Demikianlah adab menguap di dalam Islam. Mari kita amalkan dalam keseharian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s