Mengenal Fasilitas Shaping Pada Corel Draw

Corel Draw mempunya fasilitas shaping (membentuk, gt) yang terdiri dari weld, trim, intersect, simplifly, front minus back, back minus front. Fungsinya yaitu untuk membuat sebuah objek dari beberapa buah objek. Untuk mempermudah penggunaan shaping, sebaiknya dengan mengaktifkan shaping docker, caranya klik menu windows>dockers>shaping (Gambar 1). Setelah muncul shaping docker, maka jenis shaping dapat dipilih pada listbox yang tersedia.

Mengenal Fasilitas Shaping Pada Corel Draw1
Gambar-1

Weld
Sesuai dengan terjemahannya, fasilitas weld berfungsi untuk menyatukan (mengelas) beberapa objek menjadi satu objek. Untuk menggunakannya, tinggal pilih objek-1 > pilih weld (pada shaping docker)> klik weld to> kemudian klik objek-2. Bila objeknya banyak, maka blok semua objek> klik weld to> kemudian klik lagi pada objek yang telah diblok. Contoh praktisnya dapat dilihat pada Gambar-2.

Mengenal Fasilitas Shaping Pada Corel Draw2
Gambar-2

Trim
Fasilitas trim berfungsi untuk merapikan/memotong sebuah objek dengan (pemotongnya adalah) objek yang lain. Untuk menggunakannya, tinggal pilih objek-1 (objek pemotong/trimer)> pilih trim (pada shaping docker)> klik trim> kemudian klik objek-2 (objek yang akan ditrim). Contoh praktisnya dapat dilihat pada Gambar-3.

Mengenal Fasilitas Shaping Pada Corel Draw3
Gambar-3

Intersect
Fasilitas ini berfungsi untuk merapikan/memotong sebuah objek dengan (trimernya adalah) objek yang lain. Namun intersect berbeda dengan trim karena intersect memotong dari dalam. Untuk menggunakannya, pilih objek-1> pilih intersect (pada shaping docker)> klik intersect with> kemudian klik objek-2. Contoh praktisnya dapat dilihat pada Gambar-4.

Mengenal Fasilitas Shaping Pada Corel Draw4
Gambar-4

Di dalam ketiga jenis shaping tersebut terdapat opsi leave original: source object dan target object. Maksudnya, source object adalah objek-1 pertama (pengelas/trimer) sedangkan target object adalah objek-2.

Simplifly, Front Minus Back, Back Minus Front
Sedangkan untuk simplifly, front minus back, dan back minus front, pada dasarnya sama dengan trim. Simplifly, fungsinya untuk memotong objek dengan objek yang berada di depannya tanpa membuang trimernya. Front minus back, fungsinya untuk memotong objeck dengan objek yang ada di belakangnya, namun trimer akan terbuang. Dan back minus front, fungsinya untuk memotong objek dengan objek yang berada di depannya, dan trimernya akan terbuang. Untuk menggunakan fasilitas ini, caranya dengan memblok seluruh objek> kemudian klik simplifly/ front minus back/ back minus front> kemudian klik apply. Contoh praktisnya diperlihatkan oleh Gambar-5,-6,& -7 (lingkaran berada di depan/atas kotak).

Mengenal Fasilitas Shaping Pada Corel Draw5
Gambar-5
Mengenal Fasilitas Shaping Pada Corel Draw6
Gambar-6
Mengenal Fasilitas Shaping Pada Corel Draw7
Gambar-7
About these ads

One thought on “Mengenal Fasilitas Shaping Pada Corel Draw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s